Pengaruh Motivasi dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV. Citra Proteksindo Kota Jambi

Authors

  • Deden Guswanto Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jambi
  • Diana Chandra Dewi Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jambi
  • Corry Handayani Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jambi
  • Erna Rahayu Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55331/jutmi.v1i02.12

Keywords:

Motivasi, Pengalaman kerja, Kinerja karyawan

Abstract

Pada saat ini perusahaan telah menyadari bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) sangat penting dalam pencapaian tujuan perusahaan. Persaingan global menjadi salah satu faktor dimana perusahaan bukan hanya membutuhkan karyawan yang terampil di bidangnya tetapi juga karyawan yang bersedia bekerja dengan giat sehingga dapat mencapai hasil yang optimal. CV. Citra Proteksindo Kota Jambi adalah perusahaan yang bergerak di bidang jual/beli dan isi ulang APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang kegiatan utamanya adalah memberikan pelayanan kepada para konsumen menggunakan faktor tenaga manusia sebagai pelaksana. Adanya ketidakcocokan satu individu dengan individu lain, adanya seorang atasan yang buruk dalam memimpin karyawan lainnya bisa mengakibatkan karyawan mengalami stress atau kurang termotivasi, sehingga menyebabkan kurangnya ketaatan karyawan terhadap jam kerja masih belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari masih adanya beberapa kary/awan yang datang tidak tepat waktu tanpa alasan yang jelas, bahkan adanya karyawan yang jarang masuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan pada CV. Citra Proteksindo Kota Jambi. Metode penelitian yang dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada karawan kemudian dilakukan analisa data untuk melihat pengaruh motivasi dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel independen yaitu motivasi memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap kinerja karyawan dibuktikan dengan thitung 2,278 > ttabel 1,833. Sedangkan variable independen pengalaman kerja tidak berpengaruh positif secara parsial terhadap kinerja karyawan dibuktikan dengan thitung 0,690 > ttabel 1,833. Untuk variabel dependen yaitu motivasi dan pengalaman kerja secara simultan berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan dibuktikan dengan fhitung 2,606 > ftabel 4,10.

References

Ahmad, Djauzak, 2004. “Peningkatan Mutu Pendidikan Sebagai Sarana Pembangunan Bangsa”. Balai Pustaka, Jakarta

Dessler, G, 2002. Human Resource Management. 8th edition. New Jersey :Prentice-Hall, Inc.

Foster,Bill, 2001. Pembinaan Untuk Peningkatan Kinerja Karyawan.PPM : Jakarta.

Ghozali, Imam 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.Semarang : Badan Penerbit-Undip.

Hasibuan, Malayu SP 2006. Manajamen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi.Jakarta : Bumi Aksara.

Hamzah B Uno 2012. Assesment Pembelajaran. Bumi Aksara.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo, 2014. Metodologi Penelitian BisnisUntuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi 1. Cetakan ke-12.Yogyakarta : BPFE.

Luthan, Fred, 2006. Perilaku Organisasi. Edisi 10. PT Andi : Yogyakarta.Manulang Manhot 2004. Manajemen Personalia. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Priyatno, Dewi 2008. Mandiri Belajar SPSS-Bagi mahasiswa dan Umum. Yogyakarta : MediaKom.

Robbins, S, 2008. Perilaku Organisasi, Jilid I dan II, alih Bahasa : HardyanaPujaatmaja. Jakarta : Prenhalindo.

Salidi Samsuddin 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Pustaka Setia.

Sugioyono 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung : Alfabeta.

Sudarmanto, 2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta :Pustaka Pelajar.

Yuwaliiatin, Sitty, 2006. Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi dan Komitmen Terhadap Kinerja Serta Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Kompetitif Dosen Unisula Semarang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.7 No.2,Juli, p. 241-256.

Downloads

Published

2022-07-09

How to Cite

Guswanto, D., Dewi, D. C., Handayani, C., & Rahayu, E. (2022). Pengaruh Motivasi dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV. Citra Proteksindo Kota Jambi. Jurnal Teknik Mesin Dan Industri (JuTMI), 1(2), 8–17. https://doi.org/10.55331/jutmi.v1i02.12

Issue

Section

Articles