Jurnal Teknik Mesin dan Industri (JuTMI) https://jutmi.stiteknas.ac.id/index.php/jutmi <p><a title="Jurnal Teknik Mesin Dan Industri" href="http://jurnal.stiteknas.ac.id/index.php/jutmi/management/settings/context"><strong>Jurnal Teknik Mesin dan Industri (JuTMI)</strong></a> adalah jurnal nasional yang mempublikasikan artikel ilmiah berupa hasil penelitian atau hasil kajian dalam bidang yang berhubungan dengan teknik mesin, teknik industri, sains dan teknologi. JuTMI diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (Stiteknas) Jambi setiap dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari dan Juli.</p> en-US <p>Ini adalah halaman <label class="pkpFormFieldLabel" for="license-licenseTerms-control-en_US">License Terms</label><button class="tooltipButton has-tooltip" data-original-title="null" aria-hidden="true"></button></p> jutmi@stiteknas.ac.id (Vivi Apriyanti, S.T., M.T.) danangmulyadipasuratno@stiteknas.ac.id (Danang Mulyadipa Suratno, S.Kom., M.Kom) Thu, 06 Feb 2025 14:33:04 +0700 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Analisis Perbandingan Pelayanan Indomaret Dan Alfamart Untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Konsumen https://jutmi.stiteknas.ac.id/index.php/jutmi/article/view/63 <p>Indomaret dan Alfamart merupakan contoh bisnis retail di Indonesia yang merupakan market leader di bidangnya. Kedua perusahaan ini merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari. Namun permasalah yang dihadapi Indomaret dan Alfamart adalah posisi mereka yang selalu berdekatan. Sehingga untuk menekan permasalahan tersebut masing-masing perusahaan harus menerapkan strategi pemasaran yang efektif dan berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada pelanggan agar mampu memenangkan persaingan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan mengetahui perbandingan tingkat kepuasan antara konsumen Indomaret dan Alfamart di Jl.Pangeran Hidayat Rt.02 Kelurahan Sukakarya Kota Baru Jambi. Sample penelitian ini sebanyak 100 responden yang diambil dari konsumen yang berbelanja di Indomaret &amp; Alfamart. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis menggunakan teknik statistik Independent Sample T Test dengan alat bantu program SPSS. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T Test ditemukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kepuasan konsumen pada Indomaret dan Alfamart di Jl. Pangeran Hidayat Rt.02 kelurahan Sukakarya Kota Baru Jambi.</p> Imam Bayhaqi, Daumi Rahmatika Copyright (c) 2025 Jurnal Teknik Mesin dan Industri (JuTMI) https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jutmi.stiteknas.ac.id/index.php/jutmi/article/view/63 Thu, 06 Feb 2025 00:00:00 +0700 Evaluasi Sistem Penjadwalan Operasi Mesin Bor di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Logam Kota Yogyakarta https://jutmi.stiteknas.ac.id/index.php/jutmi/article/view/61 <p>Dalam sebuah industri, penjadwalan memberi peranan penting untuk memberikan kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu menyusun penjadwalan yang tepat agar tidak terjadi keterlambatan penyelesaian pesanan, termasuk di UPT Logam. Selain itu, penjadwalan juga harus mengupayakan waktu yang seminimal mungkin. UPT Logam selama ini menyusun jadwal produksi dengan menggunakan metode First Come First Serve (FCFS). Evaluasi penjadwalan kemudian dilakukan dengan metode lain seperti Shortest Processing Time (SPT), Longest Processing Time (LPT), Earliest Due Date (EDD) dan Smith Rule. Hasil penjadwalan menunjukkan semua metode tidak menyebabkan keterlambatan penyelesaian pesanan yang masuk di UPT Logam. Akan tetapi, evaluasi berdasarkan total flowtime menunjukkan perubahan terbaik yang awalnya metode First Come First Serve (FCFS) bernilai 165,78 menjadi 144,36 dengan metode Shortest Processing Time (SPT) dan Smith Rule.</p> Lukman Adhitama, Nana Bilmuna, Cahyono Sigit Pramudyo Copyright (c) 2025 Jurnal Teknik Mesin dan Industri (JuTMI) https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jutmi.stiteknas.ac.id/index.php/jutmi/article/view/61 Thu, 06 Feb 2025 00:00:00 +0700 Model Pemetaan System Thinking Desain Fitur User Interface (UI) Berdasarkan Analisis User Experience (UX) https://jutmi.stiteknas.ac.id/index.php/jutmi/article/view/62 <p>Media internet merupakan salah satu alternatif dalam menjalin komunikasi dari sebagian masyarakat yang sadar akan kebutuhan teknologi serta kebutuhan informasi yang tinggi. Dari internet inilah kemudian tumbuh interaksi antara manusia satu dengan yang lainnya, hingga timbullah forum atau situs belanja <em>online</em>. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan desain fitur <em>User Interface</em> (UI) berdasarkan analisis <em>usability</em> untuk mengetahui hubungan antar fitur yang saling mempengaruhi dalam sebuah sistem situs belanja <em>online</em> serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing fitur dalam situs belanja <em>online</em> tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pemetaan <em>system thinking</em> berdasarkan <em>user experience</em> (UX) dengan menggunakan metode <em>causal loop diagram</em>. Fitur produk yang dimiliki oleh Bukalapak yang telah terpenuhi parameternya yaitu <em>usefulness</em> dan <em>ease of learning</em>, dimana fitur tersebut telah berguna sesuai fungsinya. Tetapi untuk parameter <em>ease of use</em> dan <em>satisfaction</em> belum terpenuhi. Sedangkan fitur saldo yang dimiliki oleh Shopee hampir semua fiturnya terpenuhi, hanya di parameter <em>ease of learning</em> yang sedikit sulit memahami, mengetahui dan mengakses fitur. Setelah dilakukannya analisis pendapat responden terhadap fitur dari masing-masing e<em>-commerce</em> UI telah memenuhi tujuan utamanya untuk menampilkan desain <em>interface</em> dengan keseragaman dan konsistensi dalam penggunaannya.</p> Lilia Quentara, Agus Topo Subekti Copyright (c) 2025 Jurnal Teknik Mesin dan Industri (JuTMI) https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jutmi.stiteknas.ac.id/index.php/jutmi/article/view/62 Thu, 06 Feb 2025 00:00:00 +0700 Analisis Kapabilitas Quality Control Mutu Minyak Kelapa Sawit di PT. BGR Jambi https://jutmi.stiteknas.ac.id/index.php/jutmi/article/view/64 <p>Kegiatan pengendalian kualitas (<em>quality control</em>) diharapkan dapat membantu perusahaan mempertahankan dan meningkatkan kualitas produknya dengan melakukan pengendalian terhadap tingkat kecacatan produk (<em>product defect</em>) sampai pada tingkat kecacatan nol <em>(zero defect</em>). PT. BGR merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri kelapa sawit,berdiri pada Tahun 1986 dan telah melakukan <em>commissioning</em> pada tanggal 25 juni 2018 dengan kapasitas pengolahan 30 Ton/jam. Perusahan ini memiliki tenaga yang berpengalaman dan professional untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar dimulai dari awal proses sampai produk akhir dari pabrik minyak kelapa sawit, pelaksanaan dan pengendalian pekerjaan dengan system management yang efektif, effisiensi dan professional, serta memperhatikan standart K3 (Keselamatan Kesehatan Kerja) dan lingkungan kerja. Faktor-faktor yang mempengaruhi mutu CPO. Rendahnya mutu minyak kelapa sawit sangat ditentukan oleh banyak faktor dalam hal ini syarat mutu diukur berdasarkan spesifikasi standar mutu dari PT BGR yang meliputi kadar air (<em>moisture</em>) 0,25%, kadar kotoran (<em>dirt</em>) 0,020% dan kadar asam lemak bebas (Kadar ALB) 4,90%</p> Diana Chandra Dewi, Erna Rahayu, Danang Mulyadipa Suratno Copyright (c) 2025 Jurnal Teknik Mesin dan Industri (JuTMI) https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jutmi.stiteknas.ac.id/index.php/jutmi/article/view/64 Thu, 06 Feb 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Volume Air Tabung Penyimpanan Terhadap Efisiensi Thermal pada Kolektor Surya dengan Sistem Termosifon https://jutmi.stiteknas.ac.id/index.php/jutmi/article/view/65 <p>Pengujian mengenai pengaruh volume air terhadap efisiensi termal kolektor surya dengan kemiringan 15° ini dilakukan menggunakan sistem termosifon secara alami dengan susunan pipa paralel. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efisiensi termal kolektor surya pada variasi volume air sebesar 18 liter, 16 liter, dan 14 liter. Setiap variasi volume air diuji selama tiga hari, sehingga total waktu pengujian adalah sembilan hari. Hasil pengujian dan perhitungan menunjukkan bahwa pada volume air 18 liter, efisiensi termal rata-rata kolektor surya mencapai 87,18%. Sementara itu, pada volume air 16 liter, nilai efisiensinya sebesar 81,12%, dan pada volume air 14 liter, efisiensi rata-ratanya adalah 78,64%.</p> Rafi Rahfano, Vivi Apriyanti, Marfizal Copyright (c) 2025 Jurnal Teknik Mesin dan Industri (JuTMI) https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jutmi.stiteknas.ac.id/index.php/jutmi/article/view/65 Thu, 06 Feb 2025 00:00:00 +0700