Perancangan Fasilitas Keran Air Menggunakan Metode REBA (Rapid Entire Body Assessment) Dan Antropometri

Authors

  • Rachmad Al Ikhsan Politeknik Gajah Tunggal
  • Mutiara Eka Nur Rahman Politeknik Gajah Tunggal

DOI:

https://doi.org/10.55331/jutmi.v2i1.23

Keywords:

Ergonomis, Fasilitas Keran Air, Rapid Entire Body Assessment, Antropometri

Abstract

Posisi tubuh yang ergonomis mengakibatkan postur tubuh yang kurang optimal, inefisiensi, dan gangguan kesehatan seperti pusing dan nyeri pinggang. Fasilitas keran air yang ada mengharuskan siswa untuk menempatkan diri pada posisi yang tidak ergonomis yaitu jongkok atau membungkuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat resiko cedera akibat postur tubuh siswa saat menggunakan kran menggunakan metode REBA (Rapid Entire Body Assessment). Diketahui nilai REBA dari gabungan tabel A dan B yaitu tabel C termasuk dalam level 5, sehingga harus segera dilakukan perubahan. Selanjutnya melalui pendekatan antropometri digunakan dua dimensi untuk merancang fasilitas kran air yaitu dimensi tinggi pinggul 92,81 cm dan dimensi panjang lengan depan 61,79 cm dengan persentil ke-5. Persentil ke-5 digunakan agar pengguna dengan dimensi tubuh di area persentil ke-5 dapat dengan mudah menggunakan fasilitas tersebut. Dengan rancang bangun fasilitas kran air yang ergonomis sehingga siswa dapat menggunakan kran dengan nyaman dan posisi tubuh saat menggunakan kran tidak menimbulkan cedera pada pengguna dan meningkatkan produktivitas siswa dalam melakukan aktivitas tersebut.

References

Anthony, M. B. (2020). Analisis Postur Pekerja Pengelasan Di CV. XYZ dengan Metode Rapid Entire Body Assessment (REBA). JATI UNIK, 3(2).

Hutabarat, J. (2017). Dasar Dasar Pengetahuan Ergonomi.

Indraswara, A. Y., Anugraha, R. A., & Nugroho, Y. (2015). Perancangan E-LearningSolidworks Modul Part Assembly Menggunakan Model Addie Sebagai Media Pembelajaran Gambar Teknik Yang Efektif. JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri), 2(02), 53-58.

Ir. Iridiastadi, Hardianto dan Yassierli . (2014). Ergonomis Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Middleworth, Mark. 2013. A Step-by-Step Guide to the REBA Assessment Tool. http://ergo-plus.com/reba-assessment-tool-guide/, 28 November 2016.

Mugisa, D.J, A. Katimbo, E.J. Sempiira, dan W.S. Kisaalita. 2016. Anthropometric Characteristics of Female Smallholder Farmers of Uganda - Toward Design of Labor- Saving Tools. Jurnal Applied Ergonomics. Vol. 54:177-185.

Pakpahan, F. (2016). ANALISIS ERGONOMI PADA PRAKTIK MEMELIHARA RODA DAN BAN MENGGUNAKAN METODE REBA DI SMK NEGERI 6 BANDUNG (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Restuputri, D. P., Lukman, M., & Wibisono. (2017). Metode REBA Untuk Pencegahan Musculoskeletal Disorder Tenaga Kerja. 19-28.

Sasmito, ZA (2022). Analisis Postur Kerja Pengelasan Small Tank Menggunakan Metode RULA-REBA Dan Usulan Rancangan Meja Las Dengan Pendekatan Antropometri Pada PT. Exel Mandiri Inovasi (Disertasi Doktor, UPN Veteran Jawa Timur).

Sumargo, B. (2020). Teknik sampling. Unj press.

Syahputra, D. (2012). Perancangan alat pemotong nenas yang ergonomis untuk meningkatkan produktivitas.

Wardana, M. R., Fathimahhayati, L. D., & Pawitra, T. A. (2020). Perancangan Alat Penyaring Bubur Kedelai dan Alat Press Bubur Kedelai Ergonomis Pada Industri Tahu. MATRIK: Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, 21(1), 29-40.

Yunaida, E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Tenaga Kependidikan (Tendik) terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Samudra. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 7(1), 61-72.

Published

2023-01-25

How to Cite

Rachmad Al Ikhsan, & Mutiara Eka Nur Rahman. (2023). Perancangan Fasilitas Keran Air Menggunakan Metode REBA (Rapid Entire Body Assessment) Dan Antropometri. Jurnal Teknik Mesin Dan Industri (JuTMI), 2(1), 23–29. https://doi.org/10.55331/jutmi.v2i1.23