Analisis Perbandingan Pelayanan Indomaret Dan Alfamart Untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Konsumen

Authors

  • Imam Bayhaqi Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jambi
  • Daumi Rahmatika Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55331/jutmi.v4i1.63

Abstract

Indomaret dan Alfamart merupakan contoh bisnis retail di Indonesia yang merupakan market leader di bidangnya. Kedua perusahaan ini merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari. Namun permasalah yang dihadapi Indomaret dan Alfamart adalah posisi mereka yang selalu berdekatan. Sehingga untuk menekan permasalahan tersebut masing-masing perusahaan harus menerapkan strategi pemasaran yang efektif dan berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada pelanggan agar mampu memenangkan persaingan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan mengetahui perbandingan tingkat kepuasan antara konsumen Indomaret dan Alfamart di Jl.Pangeran Hidayat Rt.02 Kelurahan Sukakarya Kota Baru Jambi. Sample penelitian ini sebanyak 100 responden yang diambil dari konsumen yang berbelanja di Indomaret & Alfamart. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis menggunakan teknik statistik Independent Sample T Test dengan alat bantu program SPSS. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T Test ditemukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kepuasan konsumen pada Indomaret dan Alfamart di Jl. Pangeran Hidayat Rt.02 kelurahan Sukakarya Kota Baru Jambi.

References

Resusun, Antonius R., Altje L. Tumbel, and Yunita Mandagie. "Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Transportasi Online Gojek Dan Grab Pada Mahasiswa Fakultas Teknik Mesin Unsrat." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 7.4 (2019).

Massa, Leonita E., Altje L. Tumbel, and Rotinsulu J. Jorie. "Analisis perbandingan kualitas pelayanan pada minimarket Indomaret dan Alfamart di wilayah Maumbi Minahasa Utara." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 10.1 (2022): 49-58.

Prayoga, Arie. "Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan Pada Indomaret dan Alfamart Di Candi Gebang, Sleman, daerah Istimewa Yogyakarta." (2018).

https://jambiupdate.co/read/2018/10/23/64035/mau-tau-jumlah-gerai-alfamart-dan-indomaret-di-kota-jambi-baca-di-sini/ diakses pada 24 September 2021.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif. Alfabeta. Bandung (2012).

Sujarweni, V. Wiratna. Metode Penelitian : Lengkap, Praktis, dan Mudah dipahami. Yogyakarta : Pustaka Baru Press [2014].

Downloads

Published

2025-02-06

How to Cite

Imam Bayhaqi, & Rahmatika, D. (2025). Analisis Perbandingan Pelayanan Indomaret Dan Alfamart Untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Konsumen. Jurnal Teknik Mesin Dan Industri (JuTMI), 4(1), 1–6. https://doi.org/10.55331/jutmi.v4i1.63