Pemilihan Alternatif Handphone Android Dengan Metode Simple Additive Weighting

Authors

  • Adam Auliyalloh Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jambi
  • Lilia Quentara Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jambi
  • Daumi Rahmatika Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55331/jutmi.v2i1.20

Keywords:

atribut handphone, system pendukung keputusan, simple additive weighting

Abstract

Semakin berkembangnya zaman, peralatan telekomunikasi menjadi sangat penting karena merupakan sarana yang sangat cepat bagi masyarakat untuk berkomunikasi. Salah satu teknologi komunikasi yang kini menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat adalah handphone android. Banyaknya pilihan variasi baik merek ataupun spesifikasi handphone yang tersedia di pasar online dan offline saat ini, membuat seseorang harus memahami kebutuhann yang disesuaikan dengan anggaran yang dimilikinya. Penelitian ini dibangun dengan bidang fokus Sistem Pendukung Keputusan dengan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini digunakan untuk menentukan nilai bobot dari setiap kriteria, yang kemudian dilakukan proses perangkingan untuk menentukan alternatif handphone terbaik dari 19 alternatif. Terdapat 19 atribut yang akan diukur sebagai indikator penilaian yaitu RAM, ROM, kamera depan, kamera belakang, baterai, berat, layar, CPU dan harga. Dari hasil penelitian terhadap 50 mahasiswa yang menjadi sampel penelitian diperolah bahwa Vivo Y20S mendapat nilai tertinggi yaitu 24,20 poin, kemudian Xiaomi 9T mendapat 23,00 poin dan Realmi 5 Pro mendapatkan 22,90 poin. Kelebihan yang dimiliki Vivo Y20S dibandingkan dengan yang lain terletak pada kapasitas RAM 8GB dan ROM nya sebesar 128GB. Sedangkan Xiaomi 9T dan Realmi 5 Pro memiliki keunggulan yang sama dengan mengandalkan kamera belakang 48MP. Tetapi Xiaomi 9T unggul dari Realmi dengan harga yang jauh lebih murah.

References

Kusumadewi, S., dkk, "Fuzzy multi-attribute decision making (FUZZY MADM), Graha Ilmu. Yogyakarta, 2010.

Turban, E., Jay, E.A, "Decision support system and interlligent system - 7^th(Sistem Pendukung Keputusan Dan Sistem Cerdas Jilid 1)", Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

Akram, R. Novianda dan A.A. Hafiz, "Sistem pendukung keputusan penentuan pemilihan handphone terbaik dengan Simple Additive Weight method", Universitas Samudra, 2020.

Pratama, N, "Analisis segmen pasar produk handphone berbasis android berdasarkan atribut produk di lingkungan mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Jember", Fakultas Ekonomi Universitas Jember, 2015.

Irawan, D.F, "Pemilihan handphone dengan metode SAW (Simple Additive Weight)", Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2019.

Yulyantari, L.M dan IGKG Puritan Wijaya ADH, " Manajemen model pada sistem pendukung keputusan", Yogyakarta, Andi Offset, 2019

Published

2023-01-25

How to Cite

Auliyalloh, A., Quentara, L., & Rahmatika, D. (2023). Pemilihan Alternatif Handphone Android Dengan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal Teknik Mesin Dan Industri (JuTMI), 2(1), 5–12. https://doi.org/10.55331/jutmi.v2i1.20