Analisis Sistem Dokumentasi Manajemen Mutu Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup menuju SNI ISO/IEC 17025:2017

Authors

  • Lilia Quentara Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jambi
  • Agus Topo Subekti Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55331/jutmi.v3i1.49

Abstract

Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota Jambi yang berfokus pada keseimbangan pembangunan, perlindungan, dan pengelolaan lingkungan hidup. Salah satu instrumen pendukung dalam pelaksanaan hal tersebut adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jambi dan telah mendapatkan sertifikat akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada tahun 2021. Berdasarkan peraturan yang ada, KAN akan melakukan peninjauan kembali secara berkala untuk menjamin bahwa laboratorium tersebut konsisten dan komitmen terhadap status akreditasinya. Pengumpulan data dilakukan melalui laporan audit internal, observasi, dan wawancara untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi. Hasil temuan audit internal dianalisis dengan menggunakan Affinity Diagram untuk dapat mengelompokkan permasalahan sehingga lebih mudah mengkategorikan dan mengidentifikasi tingkat prioritasnya. Selanjutnya tindakan rencana perbaikan dirancang menggunakan Process Decision Program Chart (PDPC) sehingga dapat membantu mengidentifikasi kemungkinan masalah yang dapat muncul beserta solusi yang harus diambil apabila tindakan tersebut dilaksanakan. Selanjutnya dilakukan revisi pada sistem dokumentasi mutu laboratorium yang dinilai butuh untuk dilakukan perbaikan. Hal ini berkaitan dengan target laboratorium untuk dapat terus mempertahankan status akreditasinya dan mampu menambah ruang lingkup akreditasi laboratorium.

References

Hadi, Anwar. 2018. Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian & Laboratorium Kalibrasi ISO/IEC 17025:2017. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Syari, L.N., dkk. 2017. Hubungan Mutu Laboratorium dengan Akreditasi Laboratorium. Pontianak.

Kusnadi, E. 2012. Curah Pendapat dengan Affinity Diagram: Metode Kawakita Jiro atau KJ Method. Webblog Post

Kusnadi, E. 2012. Process Decision Program Chart (PDPC). Webblog Post

Downloads

Published

2024-02-15

How to Cite

Quentara, L., & Subekti, A. T. (2024). Analisis Sistem Dokumentasi Manajemen Mutu Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup menuju SNI ISO/IEC 17025:2017. Jurnal Teknik Mesin Dan Industri (JuTMI), 3(1), 30–35. https://doi.org/10.55331/jutmi.v3i1.49