Analisis Produktivitas Chemical Demulsifier Pada Proses Produksi Minyak Mentah (Studi Kasus: Perminyakan Internasional. Ltd)

Authors

  • Imam Bayhaqi Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jambi
  • Agus Topo Subekti Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jambi
  • Mohd. Zaky Yamani Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55331/jutmi.v2i2.32

Abstract

Naiknya pemakaian bahan kimia pendukung yang digunakan dalam proses produksi berimbas kepada bertambahnya energy yang digunakan hingga bertambahnya jam kerja pekerja. Menjadi acuan perusahaan untuk menganalisa ulang produktivitas sumber daya yang ada yang pada akhirnya akan mempengaruhi income perusahaan terkait biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan dalam proses produksi pengolahan minyak mentah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produktivitas penggunaan bahan kimia pendukung (Chemical Demulsifier) pada proses produksi minyak mentah. Adanya beberapa kompetitor membuat perusahaan harus jeli dalam menentukan bahan kimia pendukung yang produktif dalam proses produksi pengolahan miyak mentah dengan tidak menimbulkan sisa proses produksi, tidak meningkatnya penggunakan energy dan tidak menimbulkan masalah baru dengan penggunankan bahan kimia pendukung yang akan digunakan dalam jangka waktu panjang.

References

Debora, Fransisca, Mary Agung Prasetyo, and Rizqina Rosma. "Peningkatan Produktivitas Part X Pada Mesin Bending LR." Jurnal Inkofar 5.1 (2021).

Hassanshahi, Nahid, Guangji Hu, and Jianbing Li. "Application of ionic liquids for chemical demulsification: A review." Molecules 25.21 (2020): 4915.

Summanth, David.J. "Productivity Engineering Management." Mc Graw-Hill Book Company. (1984).

Gaspersz, V. "Continous Cost Reduction Through Lean- Sigma Approach". PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. (2006).

Blocher, E. J., Kung, H. C., Gary, C., dan Thomas, W. L. "Manajemen Biaya 2". Salemba Empat. Jakarta. (2007).

Herjanto, E. "Manajemen Operasi Edisi 3". Grasindo. Jakarta. (2008).

Fithri, P. dan Indra, F. "Analisis Produktivitas Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX) (Studi Kasus: PT. Moradon Berlian Sakti)". JurnalOptimasi Sistem Industri 13(1) : 548-555. (2014).

Tamtono, A. T. “Pengukuran Produktivitas Proses Produksi PT. Halco dengan Menggunakan Alat Ukur OMAX (Objectives Matrix)”. Tesis Magister. UI. Depok. (2008).

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Bayhaqi, I., Subekti, A. T., & Yamani, M. Z. . (2023). Analisis Produktivitas Chemical Demulsifier Pada Proses Produksi Minyak Mentah (Studi Kasus: Perminyakan Internasional. Ltd). Jurnal Teknik Mesin Dan Industri (JuTMI), 2(2), 6–13. https://doi.org/10.55331/jutmi.v2i2.32

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)