Model Pemetaan System Thinking Desain Fitur User Interface (UI) Berdasarkan Analisis User Experience (UX)

Authors

  • Lilia Quentara Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jambi
  • Agus Topo Subekti Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55331/jutmi.v4i1.62

Abstract

Media internet merupakan salah satu alternatif dalam menjalin komunikasi dari sebagian masyarakat yang sadar akan kebutuhan teknologi serta kebutuhan informasi yang tinggi. Dari internet inilah kemudian tumbuh interaksi antara manusia satu dengan yang lainnya, hingga timbullah forum atau situs belanja online. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan desain fitur User Interface (UI) berdasarkan analisis usability untuk mengetahui hubungan antar fitur yang saling mempengaruhi dalam sebuah sistem situs belanja online serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing fitur dalam situs belanja online tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pemetaan system thinking berdasarkan user experience (UX) dengan menggunakan metode causal loop diagram. Fitur produk yang dimiliki oleh Bukalapak yang telah terpenuhi parameternya yaitu usefulness dan ease of learning, dimana fitur tersebut telah berguna sesuai fungsinya. Tetapi untuk parameter ease of use dan satisfaction belum terpenuhi. Sedangkan fitur saldo yang dimiliki oleh Shopee hampir semua fiturnya terpenuhi, hanya di parameter ease of learning yang sedikit sulit memahami, mengetahui dan mengakses fitur. Setelah dilakukannya analisis pendapat responden terhadap fitur dari masing-masing e-commerce UI telah memenuhi tujuan utamanya untuk menampilkan desain interface dengan keseragaman dan konsistensi dalam penggunaannya.

References

K. C. Laudon and J. P. Laudon, Manajemen Information System: Managing the Digital Firm. 2014.

R. V. Kozinets, K. De Valck, A. C. Wojnicki, and S. J. S. Wilner, “Networked narratives: Understanding word-of-mouth marketing in online communities,” J. Mark., vol. 74, no. 2, pp. 71–89, 2010, doi: 10.1509/jmkg.74.2.71.

G. L. Lohse and P. Spiller, “Internet retail store design: How the user interface influences traffic and sales,” J. Comput. Commun., vol. 5, no. 2, 1999, doi: https://doi.org/10.1111/j.1083-6101.1999.tb00339.x.

J. Nielsen and R. Molich, “Heuristic evaluation of user interfaces,” Conf. Hum. Factors Comput. Syst. - Proc., no. April, pp. 249–256, 1990, doi: 10.1145/97243.97281.

P. I. Santosa, “Measuring User Experience in An Online Store Using PULSE and HEART Metrics,” J. Ilm. Kursor (Terakreditasi Dikti), vol. 7, no. 3, pp. 145–153, 2014.

L. D. Farida, “Pengukuran User Experience dengan Pendekatan Usability (Studi Kasus: Website Pariwisata di Asia Tenggara),” Semnasteknomedia Online, vol. 4, no. 1, pp. 6–7, 2016, [Online]. Available: https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1379

E. Prahasta, Systems thinking dan pemodelan sistem dinamis, 1st ed. Bandung: Informatika, 2018.

Downloads

Published

2025-02-06

How to Cite

Quentara, L., & Subekti, A. T. (2025). Model Pemetaan System Thinking Desain Fitur User Interface (UI) Berdasarkan Analisis User Experience (UX). Jurnal Teknik Mesin Dan Industri (JuTMI), 4(1), 14–20. https://doi.org/10.55331/jutmi.v4i1.62

Most read articles by the same author(s)